Nurul Huda

Nurul Huda

Seorang Web Developer dan pemerhati SEO, senang menulis tentang pemrograman dan berbagi pengalaman digital.

Apa itu Backlink dan Apa Pengaruhnya Bagi SEO?

09 Juli 2021 18.00

Siapa pun yang mulai belajar tentang SEO pasti sering mendengar tentang istilah backlink yang katanya ia merupakan “kunci” untuk bisa menaikkan peringkat pencarian situs kita.

Apakah benar demikian?

Lalu apa itu backlink? Kenapa ia sangat penting?

Mari kita bahas.

Apa itu Backlink?

Secara pengertian, backlink merupakan sebuah link dari situs lain yang mengarah kepada situs kita.

Maka jika ada orang yang meletakkan link website kita di situs mereka, berarti orang tersebut telah memberikan “backlink”-nya kepada kita.

Dan sebaliknya jika kita meletakkan link situs orang lain di website kita, itu artinya kita telah memberikan backlink kepada mereka.

Oleh karena itu backlink juga sering disebut sebagai “inbound links” atau “incoming links” yang berarti tautan masuk.

Berikut ini adalah ilustrasi backlink:

Ilustrasi backlink

Apa Fungsi Backlink?

Backlink adalah sebuah link. Dan sebuah link pada dunia internet adalah sebuah tautan yang menghubungkan satu halaman dengan halaman lainnya, baik antar situs yang sama mau pun lintas situs yang berbeda.

Sehingga bisa kita katakan bahwa fungsi backlink sama saja seperti fungsi link biasa: yaitu untuk menautkan satu halaman web ke halaman yang lain.

Backlink sangat penting di dalam SEO ditinjau dari beberapa faktor:

1. Tracing / Crawling

Mesin pencari seperti google, bing dan lain sebagainya memiliki sebuah bot yang senantiasa menjelajahi berbagai halaman web yang ada di internet.

Mereka sangat menyukai link. Setiap kali ada link (apalagi link baru), mereka akan masukkan dalam antrian untuk dilakukan proses crawling.

Dari proses crawling ini mesin pencari akan mulai mengambil berbagai informasi dari halaman yang mereka kunjungi, seperti judul halaman, deskripsi halaman, jenis halaman apakah toko online, blog berita, dan sebagainya.

Kemudian informasi-informasi tersebut akan mereka olah sehingga bisa ter-index terhadap keyword tertentu.

Dan yang menjadi tantangan bagi para praktisi SEO adalah: para bot tersebut tidak akan pernah tahu URL blog/situs kita (dan tidak akan pernah meng-crawl) kecuali dengan 2 cara:

  1. Kita mensubmit URL secara manual agar dikunjungi oleh bot crawler.
  2. Atau ada situs lain di luar sana yang memuat link blog/situs kita sehingga bot mesin pencari bisa dengan mudah menemukan situs kita.

Di sini backlink berperan untuk membuat situs kita lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari, terutama jika situs kita masih baru mengudara di belantara internet yang luas.

2. Impresi

Selain memudahkan situs kita untuk ditemukan oleh mesin pencari, backlink yang berkualitas akan bisa meningkatkan tingkat impresi situs kita di mata user.

Misalkan ada sebuah situs (punya orang lain) yang memiliki kunjungan 1000 user per hari, dan situs tersebut memuat backlink ke situs kita, maka situs kita memiliki 1000 kemungkinan dalam sehari untuk dilihat oleh user.

Semakin sering situs kita disebut-sebut oleh situs lain, akan memberikan dampak positif seperti meningkatkan brand awareness bagi target user kita.

3. Traffic

Dari brand awareness dan tingginya impresi itu lah situs kita akan memiliki traffic yang lebih banyak.

Traffic ada beberapa jenis:

  1. Trafik organik
  2. Trafik referal
  3. Trafik berbayar

Trafik organik adalah trafik yang datang dari mesin pencari, sedangkan trafik referal adalah trafik yang datang dari backlink atau referensi situs lain kepada kita. Sedangkan trafik berbayar adalah trafik yang datang dari iklan yang kita pasang baik di sosial media atau pun di penyedia iklan lainnya.

Yang perlu kita ketahui adalah: trafik organik dan trafik referal sangat berkaitan. Artinya semakin tinggi trafik organik kita, semakin tinggi pula kemungkinan orang-orang untuk mereferensikan situs kita (dengan backlink), sehingga dari situ trafik referal juga kita akan meningkat. Semakin bagus trafik referal yang kita dapat, itu bisa memperkuat posisi kita di halaman pencarian.

4. Menandakan situs kita bagus

Backlink adalah sebuah referensi, saran, atau dukungan orang lain terhadap situs kita. Kita sebagai manusia, secara natural akan mereferensikan sesuatu yang kita pandang bagus kepada orang lain.

Begitu pula yang terjadi pada dunia internet: halaman atau situs yang bagus, terpercaya, bermanfaat, akan mendapatkan rekomendasi dari orang lain. Baik rekomendasi berupa feed di sosial media, bitang 5 di marketplace, komentar di youtube, share link di group whatsapp, atau bahkan rekomendasi berupa backlink.

Oleh karena itu kita akan lihat bahwa banyak penulis konten web di luar sana dengan mudah mereferensikan wikipedia dan mengutip hal-hal informatif dari sana. Kenapa? Karena sedikit banyak situs wikipedia bisa dijadikan rujukan di internet (meskipun kurang kuat di dunia akademis).

Sebuah situs bisa saja memiliki ribuan backlink. Tapi tidak semua backlink tersebut memiliki dampak positif bagi SEO. Karena hanya backlink yang benar-benar berkualitas yang bisa mendongkrak peringkat hasil pencarian.

Bagaimana backlink dikatakan berkualitas?

Kalau dilihat dari sudut pandang mesin pencari, tidak ada satu orang pun yang benar-benar mengerti bagaimana cara google memandang sebuah backlink apakah ia berkualitas atau tidak (kecuali tim engineer Google sendiri).

Tapi setidaknya ada beberapa acuan umum di mana sebuah link dikatakan berkualitas:

Tentu saja backlink yang berkualitas adalah link yang datang dari situs yang terpercaya.

Kenapa?

Karena situs yang sudah memiliki kredibilitas di dalam sebuah topik tertentu, ia tidak akan mengecewakan usernya dengan memberikan link referensi ke situs yang jelek. Ini natural.

Jadi mereka akan selalu memilah dan memilih untuk membuat link ke situs-situs tertentu yang mereka pandang bagus serta bermanfaat bagi user.

Oleh karena itu backlink dari situs terpercaya akan sangat berharga di mata mesin pencari dan sangat susah untuk kita dapatkan.

Tidak hanya backlink harus datang dari situs yang terpercaya: tapi backlink yang berkualitas juga harus datang dari (dan ke) konten yang relevan.

Bahkan relevansi backlink dengan konten kita sangat penting: karena user tidak akan mau mengklik link yang tidak relevan dengan keinginan mereka.

3. Teks anchor yang mengundang klik

Teks anchor adalah teks link yang dilihat oleh user. Semakin menarik teks anchor sebuah link, maka akan semakin tinggi kemungkinan user akan mengkliknya.

Contoh teks anchor yang tidak bagus:

  • Untuk melihat lebih lanjut silakan klik link ini.
  • Berdasarkan sumber ini kita bisa simpulkan bahwa minyak adalah barang langka.

Contoh teks anchor yang bagus:

  • Pulau Jawa termasuk 5 pulau terbesar di Indonesia.
  • Selain harus menaati protokol kesehatan, kita juga harus menjaga imun kita dengan baik.

Penempatan sebuah backlink juga menjadi faktor penentu kualitas link.

Ingat tujuan utama sebuah link dalam halaman web adalah untuk menghubungkan satu halaman dengan halaman yang lain.

Jika sebuah link ditempatkan pada posisi yang jarang atau susah dijangkau (misalnya di bagian footer) maka link tersebut akan mendapatkan sedikit kunjungan.

Begitu pula halnya jika backlink yang datang kepada kita itu dari halaman dengan traffic rendah, maka penempatan link pada halaman tersebut menjadi kurang efektif.

Berikutnya sebuah link dikatakan bagus jika ia merupakan link dofollow.

Link dofollow adalah link yang bisa dan boleh diikuti oleh bot mesin pencari. Berbeda dengan link nofollow yang mana bot tidak dibolehkan untuk menganggap link tersebut.

Tapi perlu kita pahami bahwa itu artinya link nofollow tidak memiliki pengaruh positif sama sekali pada SEO.

Ada beberapa tools atau perkakas yang bisa kita gunakan untuk memeriksa backlink. Beberapa di antaranya adalah tool gratis, dan kebanyakan yang lain adalah tool berbayar.

Google Search Console (GSC) adalah sebuah perkakas dari google yang bisa memberikan kita informasi tentang performa situs kita dalam halaman pencarian. Perkakas ini bisa kita gunakan secara gratis, kita hanya perlu mendaftar lalu memverifikasi kepemilikan situs.

Di antara data yang bisa kita dapatkan dari GSC adalah: data tentang link. Baik itu backlink yang datang dari luar, maupun internal link yang datang dari dalam.

Berikut ini tangkapan layar untuk menu Links di GSC:

GSC menu link

Perkakas gratis berikutnya yang bisa kita gunakan untuk memeriksa backlink adalah dengan Ahrefs Backlink Checker.

Tidak seperti GSC, perkakas ini memungkinkan kita untuk memeriksa backlink dari situs web yang tidak kita miliki. Jadi sangat bermanfaat jika kita ingin menganalisa backlink dari situs kompetitor.

Akan tetapi, perkakas ini tidak menawarkan semua fiturnya secara gratis. Jika kita ingin mendapatkan fitur penuh, kita harus menjadi member berbayar.

Berikut ini tangkapan layar ahrefs backlink checker:

Ahrefs Backlink Checker

Hasil:

Hasil pemeriksaan backlink ahrefs

Kesimpulan Akhir

Backlink adalah salah satu faktor yang bisa meningkatkan ranking hasil pencarian. Mesin pencari seperti google menggunakan backlink sebagai salah satu sinyal atau faktor penentu kualitas konten.

Tapi tentu saja tidak semua backlink itu sama: ada yang berkualitas dan ada yang tidak. Faktor-faktor seperti dari mana asal suatu backlink, kemana tujuan backlink tersebut, teks anchor, penempatan, relevansi dan lain sebagainya juga ikut mempengaruhi kualitas backlink.

Dan kalau kita sederhanakan dalam satu kalimat: semakin susah kita mendapatkan sebuah backlink, maka semakin berkualitas link tersebut.